Deskripsi Profil Lulusan Profil lulusan merupakan peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan program studi di masyarakat maupun di dunia kerja. Profil ini adalah luaran (outcome) pendidikan yang akan dituju. Profil lulusan program studi ini akan membentuk mahasiswa yang dapat berperan menjadi: a. Tenaga Pendidik di bidang Pendidikan Jasmani di tingkat pendidikan dasar dan menengah. b. Widyaiswara Pendidikan Jasmani di tingkat pendidikan dasar dan menengah c. Tenaga Peneliti di bidang Pendidikan Jasmani di tingkat pendidikan dasar dan menengah. d. Tenaga aparatur sipil negara (ASN) di bidang Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan.
Capaian Pembelajaran Lulusan Learning outcomes lulusan Program Studi Pendidikan Jasmani diturunkan dari profil yang telah ditetapkan, mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 73 tahun 2013 tentang KKNI dan nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yaitu:
Sikap a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa d. Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain f. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara h. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik i. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian pendidikan olahraga secara mandiri j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
Pengetahuan Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang Pendidikan Jasmani mendalam, serta mampu memformulasikan untuk penyelesaian masalah yang meliputi : a. Memiliki pengetahuan penyelenggaraan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) di tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat dengan penguasaan IPTEK pendidikan, olahraga, dan kesehatan. b. Memiliki kreasi dan improvisasi yang inovatif dan terampil dalam pengembangan strategi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) pada tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat. c. Memiliki kemampuan memberikan pendidikan dan pelatihan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) menggunakan pendekatan IPTEKS dan strategi inovatif yang memiliki moral dan karakter serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan nasionalisme. d. Memiliki kemampuan memberikan bimbingan konseling pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. e. Memiliki kemampuan menganalisa, berpikir logis dan mengembangkan pengetahuan serta pengajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. f. Memiliki kemampuan kepekaan terhadap permasalahan bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) pada tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat. g. Menguasai pengetahuan tentang peserta didik, teori dan metodologi pembelajaran, prinsip, prosedur, dan pemanfaatan evaluasi. h. Menguasai metode ilmiah dan prinsip dasar piranti lunak untuk menganalisis dan menyusun strategi penyelesaian masalah pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK).
Keterampilan Khusus Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. a. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) sesuai dengan karakteristik peserta didik, karakteristik materi pendidikan olahraga melalui pendekatan saintifik. b. Mampu memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu, sehingga peserta didik memiliki keterampilan proses sains, berpikir kritis, kreatif dalam menyelesaikan masalah. c. Mampu melakukan analisis terhadap berbagai alternatif pemecahan masalah pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) dan menyajikan simpulannya sebagai dasar pengambilan keputusan. d. Mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) e. Mampu dan terampil membelajarkan konsep-konsep dalam ilmu pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), dan mengomunikasikannya pada peserta didik. f. Mampu mengembangkan semangat kewirausahaan dalam bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) g. Mampu bekerjasama dengan pihak lain dalam memberikan pendidikan dan pelatihan gerak pada tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat serta anak berkebutuhan khusus. h. Memiliki kemampuan mengelola penyelenggaraan event olahraga. i. Mampu berkomunikasi dengan bahasa internasional baik secara lisan tulis, gambar dan media lainnya.
Keterampilan Umum a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ipteks yang menerapkan nilai humaniora dalam bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur. c. Mampu mengkaji impliksi pengembangan atau implementasi ipteks yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengam bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) berdasakan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi atau media ilmiah. d. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. e. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, maupun sejawat baik di dalam maupun di luar lembaga. f. Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok/ organisasi. g. Memiliki landasan keilmuan yang memadai untuk melanjutkan ke jenjang S2, serta mampu mengikuti perkembangan dan pemutakhiran ilmu.