1. Deskripsi Profil Lulusan
    Profil lulusan merupakan peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan
    program studi di masyarakat maupun di dunia kerja. Profil ini adalah luaran
    (outcome) pendidikan yang akan dituju. Profil lulusan program studi ini akan
    membentuk mahasiswa yang dapat berperan menjadi:
    a. Tenaga Pendidik di bidang Pendidikan Jasmani di tingkat pendidikan dasar
    dan menengah.
    b. Widyaiswara Pendidikan Jasmani di tingkat pendidikan dasar dan
    menengah
    c. Tenaga Peneliti di bidang Pendidikan Jasmani di tingkat pendidikan dasar
    dan menengah.
    d. Tenaga aparatur sipil negara (ASN) di bidang Pendidikan Jasmani dan
    Keolahragaan.
  2. Capaian Pembelajaran Lulusan
    Learning outcomes lulusan Program Studi Pendidikan Jasmani diturunkan dari
    profil yang telah ditetapkan, mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan
    Kebudayaan RI nomor 73 tahun 2013 tentang KKNI dan nomor 49 tahun 2014
    tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yaitu:

  1. Sikap
    a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap
    religius
    b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan
    agama, moral dan etika
    c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
    bernegara serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa
    d. Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki
    nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa
    e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan
    serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
    f. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
    masyarakat dan lingkungan
    g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
    h. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik
    i. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian
    pendidikan olahraga secara mandiri
    j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  2. Pengetahuan
    Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan
    konsep teoretis bagian khusus dalam bidang Pendidikan Jasmani mendalam, serta
    mampu memformulasikan untuk penyelesaian masalah yang meliputi :
    a. Memiliki pengetahuan penyelenggaraan pembelajaran pendidikan jasmani
    olahraga dan kesehatan (PJOK) di tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat
    dengan penguasaan IPTEK pendidikan, olahraga, dan kesehatan.
    b. Memiliki kreasi dan improvisasi yang inovatif dan terampil dalam
    pengembangan strategi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan
    kesehatan (PJOK) pada tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat.
    c. Memiliki kemampuan memberikan pendidikan dan pelatihan pendidikan
    jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) menggunakan pendekatan IPTEKS
    dan strategi inovatif yang memiliki moral dan karakter serta menjunjung
    tinggi nilai-nilai sportivitas dan nasionalisme.
    d. Memiliki kemampuan memberikan bimbingan konseling pendidikan jasmani
    olahraga dan kesehatan (PJOK) pada tingkat pendidikan dasar dan
    menengah.
    e. Memiliki kemampuan menganalisa, berpikir logis dan mengembangkan
    pengetahuan serta pengajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
    (PJOK) pada tingkat pendidikan dasar dan menengah.
    f. Memiliki kemampuan kepekaan terhadap permasalahan bidang pendidikan
    jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) pada tingkat SMP dan SMA/SMK
    sederajat.
    g. Menguasai pengetahuan tentang peserta didik, teori dan metodologi
    pembelajaran, prinsip, prosedur, dan pemanfaatan evaluasi.
    h. Menguasai metode ilmiah dan prinsip dasar piranti lunak untuk menganalisis
    dan menyusun strategi penyelesaian masalah pendidikan jasmani olahraga
    dan kesehatan (PJOK).
  3. Keterampilan Khusus
    Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu
    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian
    masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
    a. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran
    pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) sesuai dengan
    karakteristik peserta didik, karakteristik materi pendidikan olahraga melalui
    pendekatan saintifik.
    b. Mampu memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran
    berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan
    mutu, sehingga peserta didik memiliki keterampilan proses sains, berpikir
    kritis, kreatif dalam menyelesaikan masalah.
    c. Mampu melakukan analisis terhadap berbagai alternatif pemecahan masalah
    pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) dan menyajikan
    simpulannya sebagai dasar pengambilan keputusan.
    d. Mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung
    pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK)
    e. Mampu dan terampil membelajarkan konsep-konsep dalam ilmu pendidikan
    jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), dan mengomunikasikannya pada
    peserta didik.
    f. Mampu mengembangkan semangat kewirausahaan dalam bidang pendidikan
    jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK)
    g. Mampu bekerjasama dengan pihak lain dalam memberikan pendidikan dan
    pelatihan gerak pada tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat serta anak
    berkebutuhan khusus.
    h. Memiliki kemampuan mengelola penyelenggaraan event olahraga.
    i. Mampu berkomunikasi dengan bahasa internasional baik secara lisan tulis,
    gambar dan media lainnya.
  4. Keterampilan Umum
    a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam
    konteks pengembangan atau implementasi ipteks yang menerapkan nilai
    humaniora dalam bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
    (PJOK).
    b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
    c. Mampu mengkaji impliksi pengembangan atau implementasi ipteks yang
    memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengam bidang
    pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) berdasakan kaidah, tata
    cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain
    atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk
    skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan
    tinggi atau media ilmiah.
    d. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan
    data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif
    solusi secara mandiri dan kelompok.
    e. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan
    pembimbing, kolega, maupun sejawat baik di dalam maupun di luar
    lembaga.
    f. Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung
    jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok/ organisasi.
    g. Memiliki landasan keilmuan yang memadai untuk melanjutkan ke jenjang
    S2, serta mampu mengikuti perkembangan dan pemutakhiran ilmu.