Program Studi Penjaskesrek memfasilitasi mahasiswanya untuk berkembang salah satunya pada cabang olahraga bola voli. Dalam perkuliahan yang masuk dalam RPS mahasiswa diajarkan dan dibekali keterampilan mewasiti. Aturan yang diajarkan sama persis yang terjadi dilapangan pertandingan. materi ini masuk dalam kurikulum yang dibahas secara keilmuan oleh mahasiswa penjaskesrek. Dalam perkuliahan diskusi ilmiah terkait aturan permainan dan pertandingan menjadi materi yang senantiasa dibahas. Sehingga mahasiswa penjaskesrek mendapatkan ilmu yang up to date. Mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan permainan dan pertandingan merupakan bagian perkuliahan yang di dapatkan oleh mahasiswa penjaskesrek. Sehingga nantinya diharapkan ketika mahasiswa penjaskesrek menyelesaikan studinya, dibekali oleh ilmu terbaru dalam bidang olahraga bola voli. Praktek mewasiti juga menjadi materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini.

Terlibatnya salah satu dosen penjaskesrek didalam organisasi bola voli yang ada di kota jayapura. Menjadi fasilitator yang memberikan kesempatan langsung kepada mahasiswa penjaskesrek untuk terlibat dalam olahraga bola voli maupun pertandingan bola voli. Setiap tahunnya di setiap angkatan program studi penjaskesrek memberikan kesempatan kepada mahasiswa penjaskesrek untuk bergabung bersama organisasi bola voli. Organisasi bola voli yang ada di kota jayapura yaitu Pengkot PBVSI merupakan salah satu organisasi yang aktif melakukan pembinaan kepada anggotanya. Organisasi yang aktif dibimbing oleh Roy Winerungan,SH ini memberikan kesempatan yang seluas-luasnya dan sebesar-besarnya kepada mahasiswa penjaskesrek untuk mengembangkan ilmu dan prakteknya.

Pembinaan yang dilakukan sangat masif dan berjenjang dengan melihat kompetensi dan kapasitas yang dimiliki oleh mahasiswa penjaskesrek. Tercatat semua lulusan penjskesrek difasilitasi hingga tingkat Nasional untuk mendapatkan Lisensi sebagai wasit Nasional. Pertemuan rutin yang dilakukan setiap hari Selasa dan Jum’at di gor waringin membekali mahasiswa dengan ilmu yang lebih operasional dilapangan. Ilmu ini menambah ilmu konseptual yang diberikan di program studi. Saat ini mahasiswa prodi penjaskesrek yang tergabung dalam PBVSI Kota Jayapura sedang mempersiapkan diri untuk penyelenggaraan Turnamen Batik Port Numbay II yang akan dilaksnakan di tahun 2024. Sehingga saat ini pertemuan intens dilakukan untuk mempersiapkan diri dalam penyelenggaraan event tersebut. berikut dokumentasi yang dihimpun dari sekretariat PBVSI Kota Jayapura Di GOR Waringin.

Gambar 1. Bapak Roy Winerungan,SH Membina Pertemuan Rutin Di GOR Waringin Kota Jayapura

Gambar 2. Mahasiswa Penjaskesrek Belajar Mengisi Scoresheet Pertandingan

Gambar 3. Mahasiswi Penjaskesrek

Gambar 4. Mahasiswa Penjaskesrek dan Korps Wasit Melakukan Analisis Pertandingan Melalui Tayangan di TV

Gambar 5. Wasit Nasional Selsius Benny Melakukan Sharing Session Bersama Korps Wasit

Gambar 6. Korps Wasit PBVSI Kota Jayapura

Created By: Rio Wakhid,S.Pd.,M.Pd

Leave a Comment